Jumat, 14 Januari 2011

MONUMEN JOGJA KEMBALI

MONJALI
Monjali atau lebih kita kenal dengan Monumen Jogja Kembali ini terletak di Ring Road Utara kota Yogyakarta (Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman) ini memiliki bayak sekali peninggalan-peninggalan sejarah para pahlawan kita dalam merebut kota Yogyakarta dari penjajahan Belanda. Pertempuran ini disebut dengan serangan umum 11 maret dan hanya berlangsung selama 6 jam.

Nama Monumen Yogya Kembali merupakan perlambang berfungsinya kembali Pemerintahan Republik Indonesia dan sebagai tetengger sejarah ditarik mundurnya tentara Belanda dari Ibukota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 dan kembalinya Presiden Soekarno, Wakil Presiden Mohammad Hatta dan petinggi lainnya pada tanggal 6 Juli 1949 di Yogyakarta.

Selama ini perjuangan bangsa hanya bisa didengar melalui guru-guru sejarah di sekolah, atau cerita seorang kakek pada cucunya. Monumen Yogya Kembali memberikan gambaran yang lebih jelas bagaimana kemerdekaan itu tercapai. Melihat berbagai diorama, relief yang terukir atau koleksi pakaian hingga senjata yang pernah dipakai oleh para pejuang kemerdekaan. Satu tempat yang akan memuaskan segala keingin tahuan tentang perjalanan Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar